Visi :
“Terwujudnya Peserta Didik yang Berkarakter, Berbudaya Lingkungan dan Berprestasi Unggul”
Misi :
1.1 Menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai agama sesuai keyakinannya masing-masing.
1.2 Menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi di sekolah dan masyarakat
1.3 Mewujudkan peserta didik yang berbudi pekerti luhur kepada sesama, dengan menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, , Santun) di lingkungan sekolah dan masyarakat.
2.1 Menjaga, melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal.
2.2 Meningkatkan pembiasaan diri dalam memelihara dan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya yang sehat, bersih, aman, dan nyaman.
2.3 Menjalin kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta untuk mewujudkan sekolah adiwiyata.
3.1 Meningkatkan sarana dan prasarana menuju sekolah mandiri berbasis teknologi dan informasi.
3.2 Meningkatkan kompetensi guru untuk berbagi praktik baik melalui aksi nyata di komunitas belajar “SMANSA Jaya”.
3.3 Mengembangkan pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis teknologi serta berpusat pada murid untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik sesuai minat dan bakat peserta didik.
Tujuan :
1.1.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran , 95 % peserta didik mampu menunjukkan sikap bertaqwa melalui penerapan nilai-nilai keimannan dengan menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai agama sesuai keyakinannya masing-masing .
1.2.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran , 95 % peserta didik menunjukkan sikap dengan menerapkan nilai-nilai toleransi di sekolah dan masyarakat
1.3.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran, 95 % peserta didik menunjukkan sikap yang berbudi pekerti luhur kepada sesama, dengan menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan , Santun) di lingkungan sekolah dan masyarakat.
2.1.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran 95% peserta didik ikut secara aktif dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal.
2.2.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran 95% peserta didik berperan aktif dalam memelihara dan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya yang sehat, bersih, aman, dan nyaman
2.3.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran, 95% peserta didik berperan aktif mewujudkan sekolah adiwiyata melalui kolaborasi antara sekolah dengan Lembaga pemerintah dan swasta
3.1.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran 95 % peserta didik menggunakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien menuju sekolah mandiri berbasis teknologi dan informasi
3.2.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran 85 % peserta didik memperoleh kenyamanan belajar, peningkatan pemahaman dan mampu menerapkan dalam konteks nyata serta menghubungkannya dengan ide baru untuk pemecahan masalah sebagai hasil dari peningkatan kompetensi guru
3.3.1 Dalam waktu 1 tahun ajaran 80 % peserta didik terlibat aktif, kreatif dan inovatif serta menunjukkan kemampuan mengambil inisiatif, mampu mengolah ide atau informasi untuk menciptakan solusi yang unik dan bermanfaat untuk mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas tanpa bergantung dengan orang lain sehingga meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.