• karakter 2
  • 3

**= SELAMAT DATANG DI SMA NEGERI 1 PALANGKA RAYA =**

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA Negeri 1 Palangka Raya

NPSN : 30203479

Jl. AIS. Nasution Nomor 02 Palangka Raya 73111


info@sman1palangkaraya.sch.id, smaneger1palangkaraya@gmail.com,

TLP : 05363239969


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 293127
Pengunjung : 56788
Hari ini : 48
Hits hari ini : 75
Member Online : 2
IP : 35.173.234.140
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

TES BAKAT SKOLASTIK




Untuk mengetahui bakat dan kemampuan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Mulai hari Selasa, tanggal 1 Oktober 2019 hingga hari Kamis, tanggal 3 Oktober 2019 SMA Negeri 1 Palangka Raya menyelenggarakan Tes Bakat Skolastik (TBS) secara online. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 


Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Tes ini juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang. Tes bakat skolastik ini sebenarnya adalah adopsi dari tes SAT (Scholastic Aptitude Test) yang sudah menjadi standar ujian masuk Perguruan Tinggi di Amerika dan dunia. Di Indonesia, tes ini telah menjadi salah satu tes standar ujian masuk Perguruan Tinggi maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya.


 


Adapun, Tes bakat skolastik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.


 


Tes bahasa berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.


 


Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.


 


Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.


 


Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika (imajinasi) ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.


 


 


 


https://puspendik.kemdikbud.go.id/tbs-penulis/tentang



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas